Membangun keikutsertaan pelanggan dapat menjadi hal penting dalam strategi marketing. Jika pelanggan merasa terlibat dalam merek Anda, maka mereka cenderung akan percaya dan loyal. Namun sangat banyak hal untuk membangun strategi marketing yang tepat, dan lebih unggul dari yang dilakukan pesaing.
Setiap hari ada ide-ide baru dari para pemasar dalam mempromosikan produk mereka. Jika strategi promosi dan marketing
ini benar, maka pesan yang ada didalamnya akan dapat sampai ke
pelanggan dengan baik, yakni untuk menarik pelanggan agar mau membeli
dan setia pada produk mereka. Berikut adalah delapan hal penting untuk
membuat strategi marketing dan promosi yang luar biasa:
1. Fokus pada solusi
Inilah apa yang benar-benar dicari pelanggan. Dan ketika ada
permintaan, setengah dari pekerjaan pemasaran Anda berhasil. Produk dan
jasa yang memiliki permintaan tinggi akan mendapat perhatian pertama dan
lebih sering. Berikan target pasar Anda apa yang mereka
inginkan atau apa yang membuat mereka tertarik untuk melihat. Tawarkan
sesuatu yang seolah berteriak “Aku pemecah masalah” atau “Aku solusi
cepat”, dan pesan Anda itu akan mendapatkan perhatian.
2. Bertujuan pada target pasar
Pemasaran yang tidak mencapai target akan diklasifikasikan sebagai pemborosan, tidak efisien atau junk (seperti dalam “junk mail“). Kegiatan marketing yang mencapai target pasarnya tergolong menarik, efektif dan sangat efisien. Kuncinya adalah untuk memberikan target
pasar Anda sesuatu yang menarik bagi mereka. Jika Anda seorang warga
negara yang sudah paruh baya tertarik pada musik klasik, berita singkat
tentang rilis musik terbaru dari band rock-and-roll terbaru tidak akan menarik – sehingga warga negara tersebut bukanlah bagian dari target pasar Anda.
3. Gunakan judul dan sub judul
Buatlah judul-judul ini (dan sub judul) provokatif, pemikiran yang
memprovokasi, ekstrim dan benar-benar tak terduga. Salah satu berita
terbaik yang pernah saya lihat – yang saya tahu mendapat banyak
perhatian – adalah “Things the Government Won’t Tell You About
Terrorism.” Satu lagi yang menarik perhatian yang sama adalah “7
Mistakes Banks Make Every Day.” Keduanya akan mendapatkan perhatian dan
membuat orang ingin membaca lebih lanjut.
4. Memiliki pesan yang sangat jelas
Grafis memang bisa menarik perhatian, tapi itu bukan satu-satunya
alat untuk mengkomunikasikan pesan Anda. Jangan biarkan pengunjung hanya
melihat gambar pada iklan itu! Pakar iklan terkenal, David Ogilvy
pernah berkata, “Saya tidak menganggap iklan sebagai hiburan atau sebuah
bentuk seni tetapi sebagai media informasi. Ketika saya menulis sebuah
iklan, saya tidak ingin Anda sekedar memberitahu tahu bahwa saya
kreatif. Saya ingin Anda tertarik hingga Anda membeli produk tersebut.”
Anda tidak dapat membuat orang lain memperhatikan pesan-pesan yang
membosankan atau tidak jelas.
5. Coba strategi marketing melalui pesan ekstrim
Kenyataannya adalah, pemasaran ekstrim itu bekerja. Hal-hal negatif
dan kesalahan justru mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat.
Berikut adalah contoh judul atau pesan yang mendapatkan perhatian karena
sifat ekstrim mereka:
- Bagaimana Cara Mengubur Perusahaan Dalam Satu Minggu
- Bagaimana Cara Membuat Tenaga Penjualan 10 Persen Lebih Efisien
- Bagaimana Cara Menumbuhkan Laba 0.005 %
Semua judul ini mungkin akan menarik perhatian dan membuat Anda ingin membaca karena sifat mereka yang ekstrem.
6. Gunakan strategi promosi saling berkaitan
Ini adalah cara lain untuk mendapatkan perhatian, terutama terjadi di kalangan content marketer saat
ini. Sederhananya, informasi yang ditawarkan sebagai insentif untuk
kontak baru. “Kaitan” ini menjadi prospek! atur pemasaran Anda untuk
komunikasi lebih lanjut. Berikut adalah beberapa contoh dari kaitan ini:
Hubungi kami hari ini untuk perhitungan pinjaman pegadaian gratis.
Download resep ebook gratis yang menggunakan rempah-rempah dan bumbu kami.
Mampir hari ini untuk vas gratis untuk bunga di Hari Ibu.
Semua keterkaitan ini menawarkan sesuatu yang bernilai untuk
pelanggan potensial agar tertarik. Mereka semua tidak hanya memberikan
sepotong perhatiannya kepada Anda tetapi akan meningkatkan respon
terhadap Anda juga.
7. Memanfaatkan benda, bentuk, dan ukuran yang tidak biasa
Hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika ingin produk Anda untuk
bisa dikenal dan diingat adalah menciptakan sesuatu dengan ukuran
berbeda atau memiliki warna berbeda atau tidak seperti format umumnya.
Ini termasuk potongan surat, warna atau pesan yang ekstrim, berbentuk
aneh dan memilih waktu yang tidak biasa untuk mendekati target
pasar Anda, seperti berbicara tentang Natal di musim semi. Carlsbad
Brewery pernah menjatuhkan paspor palsu di sistem kereta bawah tanah New
York City untuk memberitahu target pasar mereka tentang produk
baru yang mereka luncurkan. Mencari paspor di kereta bawah tanah
benar-benar hal yang tak terduga; itu bukan sesuatu yang bisa Anda lihat
setiap hari sehingga pesan Carlsbad pun berhasil mendapat perhatian target pasarnya.
8. Jawab secara langsung “Apa untungnya bagi calon pelanggan?”
Holiday Inn Express mengiklankan bahwa motel mereka memiliki ” showerhead nomor satu berdasar penilaian pelanggan.” Pernahkah Anda diminta untuk menilai sebuah shower?
Holiday Inn menemukan ini penting untuk target pasar mereka dan
mengkomunikasikan pesan ini langsung kepada mereka. Anda dapat
mendengarkan dan membaca semua tentang fitur dari Holiday Inn Express,
tapi mendengar tentang nomor satu showerhead dari penilaian pelanggan ini adalah sesuatu yang semua pengunjung inginkan. Apa manfaatnya bagi mereka? Shower yang istimewa. Shower yang unggul mendapatkan perhatian.
Sukses dalam menjalankan bisnis tidak lepas dari strategi marketing ataupun strategi promosi dari perusahaan. Jika saat kegiatan marketing
dan promosi saat ini masih belum membuahkan hasil yang signifikan, Anda
akan berada pada posisi sulit pada saat berkompetisi dengan kompetitor
Anda. Semoga 8 langkah di atas berguna dan dapat membantu Anda
memenangkan persaingan!
Sumber : 8 Langkah Membuat Strategi Marketing
Post a Comment