Electronic City semakin
menyadari pentingnya digital dalam aktivitas marketing, utamanya email.
Kini, email marketing pun mulai fokus dijalankan untuk meraih pangsa pasar lebih banyak.
Sampai saat ini, kekuatan utama
Electronic City berada di segmen usia 30-40, 40-50, 20-30. Secara
penggunaan media pun, perusahaan yang pertengahan lalu go public ini lebih fokus ke tradisional media, seperti radio, koran, majalah, dan TV.
Manael Sudarman, GM Marketing & Communication
PT Electronic City Indonesia Tbk, mengakui bahwa segala aktivitas
marketing perusahaan awalnya hanya fokus ke media tradisional.
Tahun 2013, Electronic City melakukan
ekspansi besar-besar dengan membuka 33 toko baru. Walaupun begitu
dirinya merasa tidak puas dengan pencapaian tersebut. “Meski kami
melakukan ekspansi yang luar biasa, tetap saja secara total kita baru
memiliki 66 toko di seluruh Indonesia,” kata Manael.
Padahal menurut Fery Wiraatmadja, Commercial & Investor Relations Director
PT Electronic City Indonesia, Tbk, potensi ritel modern elektronik di
Indonesia sangat besar. Jika dibandingkan dengan Malaysia, mereka
memiliki 1,500 outlet seperti Electronic City. Sedangkan
Indonesia yang lebih besar dari segi wilayah dan jumlah penduduk, total
gerai ritel modern elektronik masih di bawah 200.
Dari situ, Electronic City menyadari
agar bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia tanpa harus membuka toko
baru, Electronic City pun akhirnya masuk ke ranah digital dengan membuka
e-commerce.
“Sekarang ini digital di Indonesia berkembang pesat. Penetrasinya sudah sangat luar biasa. Kalau dilihat dari margin market-nya, internet itu seksi. Oleh karena itu, kita percaya dan mulai membangun platform belanja,” kata Manael.
Menurut Manael, e-commerce
Electronic city memiliki satu keunggulan di banding yang lain yaitu stok
barang yang relatif komplit. Selain itu, Electronic City juga memberi
kesempatan kepada konsumen untuk terlebih dahulu datang ke toko. Di sana
konsumen bisa bertanya, mempertimbangkan, dan membeli.
Bagi Manael, di ritel itu ujung-ujungnya
harus jualan. Itu adalah mantra, sehingga di digital pun Electronic
City harus menghasilkan revenue. Jika di dalam kegiatan offline
target yang dituju adalah audiens usia 30-50, di digital (khususnya
media sosial) Electronic City menargetkan auidens yang lebih muda
(25-39).
Selain itu, setiap channel promosi harus memiliki caranya sendiri. Misalnya di Facebook, Electronic City lebih banyak posting gambar, katalog dan diskusi, sementara di Twitter lebih banyak yang sifatnya activation.
Fery melanjutkan bahwa saat ini Electronic City tengah fokus memanfaatkan email marketing. Alasannya, Electronic City memiliki database konsumen yang cukup besar dan penetrasi digital sangat bagus di Indonesia.
Sebenarnya, dulu Electronic City sempat ingin mengoperasikan email marketing,
tapi urung terjadi karena menggunakan media tradisional yang dianggap
sudah cukup efektif. Namun, pada saat yang bersamaan ketika tim
marketing membahas media mix, email dan nomor telepon masuk di dalamnya.
Bersamaan dengan peluncuran ecommerce, email marketing pun mulai serius dijalankan. Target yang menjadi incaran Electronic City dari penggunaan email marketing adalah semua audience yang memiliki email. Electronic City masih coba mengejar mass audience. Kemudian, Electronic City coba menarik data profiling interest dari masing-masing mass audience tersebut, setelah diketahui baru ditarget.
Manael mengungkapkan saat ini di ranah online Electronic city sering mengadakan program-program sales limit waktu. Misalnya program 20:80. Di mana barang clearance didiskon hingga 80%, di buka mulai dari jam 20:00 hingga 08:00. Program semacam itu dipromosikan lewat email marketing.
“Email marketing kami memang masih bayi, namun ketika email dikirimkan jumah spam ternyata di bawah 0,03%, bounce rate di bawah 10%, dan open rate-nya di atas 11%. Budget yang dialokasikan perusahaan untuk digital marketing sampai saat ini masih di bawah 5%. Namun, tidak menutup kemungkinan budget-nya akan ditambah,” ujar Manael.
Electronic City menggunakan media sosial sebagai sarana informasi dan engagement. Sedangkan email marketing digunakan untuk sales. Electronic City mengombinasikan email marketing dengan mobile advertising dan media sosial.
+ comments + 1 comments
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Bismillah ,
OPEN PENDAFTARAN UMRAH DP SEJUTA..!!!
Mau Umrah tapi terkendala BIAYA??
YUK MANTAPKAN NIAT dan melangkahlah dgn membayar DP UMRAH hanya SEJUTA
bisa mewujudkan Impian anda menuju baitullah...
Yg minat segera Reply Correspondence ini ...
Yg masih Ragu biarlah menunggu,
Karena ibadah bukanlah bisnis yg penuh dengan ambisi,
Kami selalu siap dan sabar sampai anda merasa terpanggil ingin mencoba pelayanan dari Jasa Biro Umroh & Haji Plus PT. MEDIA WISATA UTAMA ( SBL Tour )
SBL Tour memberikan program SOLUSI :
1. Paket menabung hanya dgn 1 Juta sudah bisa mewujudkan niat umrah, karena dengan 1 Juta jamaah langsung mendapat jaminan brangkat di bulan ke 41 setelah tabungan 550 ribu/ bln selesai di bayar LUNAS .
2. Harga tidak naik mengikuti dolar, Total hanya: 23jt (Tabungan 22jt + 1 Juta DP) Dan di siapkan UJROH ( BAGI HASIL ) bagi yang ingin menjadi Mitra SAHABAT SBL untuk bersyiar bersama kami...
3. Kenapa lebih baik MENABUNG di SBL Tour daripada simpan d rekening sendiri???
4. Niat awal tabungan umroh bs berubah jd dp mobil atau motor baru ketika saldo kita sudah cukup besar.
5. Saldo kita akan terus berkejar2an dgn dolar, Jika sekarang umroh rata 25 Juta – 35 Juta mungkin dalam 3 Tahun jadi 40jt.
6. Melalui program sahabat sbl kita bisa mendapat angsuran gratis dan mendapatkan potensi Income sampai dgn Milyaran rupiah
7. Harga ekonomis service fantastis
8. PT. MEDIA WISATA UTAMA ( SBL Tour ) bekerjasama dgn Bank Mandiri & Bank BNI utk tabungan deposito jamaah , Pembayaran Tabungan Umrah SBL Tour Sudah Bekerjasama per tanggal 1 Maret 2015 menggunakan Mandiri Virtual Account & BNI Virtual Account , Pembayaran dilakukan melalui layanan Menu Pembayaran PT SBL (ATM/Internet Banking)
Nikmati Langsung 3 Keuntungan Menjadi Sahabat SBL:
* Booking FEE
Biaya pendaftaran sudah termasuk biaya Booking Fee UMRAH EXCLUSIVE senilai Rp. 1.000.000,- dengan cicilan ringan Rp. 550.000,- / bulan selama 40 kali dan akan mendapatkan subsidi biaya umrah Executive keberangkatan akan dilaksanakan setelah biaya umrah lunas. Apa yang Anda dapatkan??? Anda langsung mendapatkan:
Faktur Pembayaran resmi dari PT. MEDIA WISATA UTAMA ( PT. Solusi Balad Lumampah) , Bilyet, yaitu Tanda Bukti Booking Sheet resmi dari PT. Solusi Balad Lumampah yang dicetak dengan nama anda,
Souvenir berupa Sajadah Exclusive seharga 200 ribu, langsung dikirim TANPA DIPUNGUT BIAYA ONGKOS
* Komunitas Bisnis
Anda sekaligus tergabung dalam komunitas bisnis yang memberikan anda potensi untuk mengembangkan bisnis anda berupa pelatihan bisnis yang bermanfaat dalam pandangan agama. Dengan demikian peluang pengembangan usaha anda akan semakin terbuka dan juga anda dapat berbagi atau mendapatkan pengetahuan anda dalam bidang bisnis.
* More Benefit…
Selain fasilitas terbaik yang anda dapatkan anda juga berhak atas bonus – bonus lain dari kegiatan bisnis anda pada program SBL Sabahat baik berupa uang tunai, point yang dapat ditukar dengan produk – produk terbaik, bonus referensi dan juga masih banyak lagi. Dengan mengikuti Program SBL Sahabat anda berkesempatan untuk menjalakan ibadah UMRAH secara GRATIS.
PT. MEDIA WISATA UTAMA ( PT. Solusi Balad Lumampah)adalah Solusi Tepat buat anda yang ingin menjalankan ibadah UMRAH & HAJI Plus
Pendaftaran Segera Hubungi Koordinator SBL :
PT. MEDIA WISATA UTAMA (SBL Tour) .
Whatsapp : +62818 0564 0488
Call : +62 852 3891 5028
BBM : 59CF1C89
Email : umrah.sahabatsbldenpasar@yahoo.com
WEBSITE BLOG
http://ptsblindonesia.blogspot.co.id
http://mauumrahdanhajidenpasar.blogspot.co.id
Post a Comment