Membicarakan strategi pemasaran,
memang tidak akan pernah ada habisnya. Berbagai cara dan usaha bisa
dijadikan sebagai strategi untuk memasarkan sebuah produk. Salah satu
strategi yang sudah dijalankan masyarakat dari dulu hingga sekarang
adalah pemasaran dengan sistem retail atau eceran. Yang dimaksud dengan
strategi pemasaran retail atau eceran sendiri adalah segala kegiatan
jual-beli yang bertujuan menyalurkan barang kepada konsumen akhir, guna
memenuhi kebutuhan pribadi para konsumen.
Sebagian besar pelaku usaha memilih untuk menggunakan strategi pemasaran ini, sebab peluang pasar yang paling potensial datang dari konsumen akhir, yang rata-rata
membeli suatu produk untuk keperluan mereka sehari-hari. Tak heran bila
saat ini perkembangan bisnis retail juga sangat pesat, lihat saja
bisnis toko kelontong, minimarket, hingga bisnis retail yang sudah besar
seperti Matahari, Alfamart, Indomart, dan Hero banyak dicari para
konsumen.
Tingginya permintaan pasar akan produk retail, membuat sebagian besar
pelaku usaha memilih strategi pemasaran tersebut untuk melepas produk
mereka ke pasaran. Meskipun cara ini terbilang mudah, namun persaingan pasar
bisnis retail sudah sangat tinggi. Maka dari itu bagi Anda yang ingin
terjun dalam bisnis retail, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut untuk
memenangkan pasar :
Pertama, tentukan target pasar. Meskipun bisnis
retail biasa menawarkan berbagai produk kebutuhan masyarakat, namun
sebisa mungkin tentukan target konsumen yang ingin Anda jangkau.
Misalnya saja lebih menekankan harga murah untuk menjangkau konsumen
menengah kebawah, atau menyediakan produk dengan kualitas terbaik untuk
menjangkau sasaran pasar menengah keatas.
Kedua, ciptakan loyalitas pelanggan. Memiliki
konsumen yang loyal, merupakan strategi tepat untuk meningkatkan
pemasaran. Bukan hanya itu saja, dengan adanya loyalitas konsumen juga
membantu bisnis retail untuk menghadapi persaingan pasar. Ciptakan
program-program promosi yang dapat meningkatkan loyalitas konsumen, contohnya saja dengan memberikan kartu diskon bagi para member, atau mengadakan event promosi setiap akhir pekan.
Ketiga, pilih lokasi usaha yang strategis. Pemilihan
lokasi usaha sangat mempengaruhi tingkat penjualan pada bisnis retail.
Sesuaikan lokasi usaha dengan bisnis retail yang ingin dijalankan, sebab
lokasi usaha juga ikut menentukan potensi pasar. Seperti lokasi yang
ada di tengah pemukiman warga, Anda bisa membuka toko kelontong.
Sedangkan untuk lokasi usaha yang ada di daerah perkotaan, Anda bisa
mencoba bisnis retail dengan minimarket atau supermarket.
Keempat, cantumkan brand pada setiap produk. Penanaman image kepada para konsumen, menjadi cara jitu untuk memasarkan
bisnis retail. Yang perlu diingat adalah brand bukan hanya sekedar
nama, jadi cantumkan brand yang telah ditetapkan di setiap produk.
Seperti mencantumkan logo disetiap label harga produk, atau mencantumkan
logo pada interior ruangan. Sehingga brand tersebut menjadi pembeda
bisnis retail Anda dengan bisnis para pesaing.
Kelima, berikan pelayanan prima kepada konsumen.
Jangan abaikan istilah pembeli adalah raja. Istilah ini memberikan
masukan kepada para pelaku usaha untuk selalu memberikan pelayanan
terbaik bagi para konsumen. Biasakan layani konsumen dengan 3S 1A
(sambut, senyum, sapa dan antusias). Lakukan dari hal yang terkecil,
seperti menyambut konsumen dengan salam dan mengucapkan terimakasih
setelah mereka selesai berbelanja. Cara ini sudah dilakukan pada
sebagian kecil bisnis retail, seperti Indomart. Jadi konsumen merasa
dihargai ketika berbelanja di tempat Anda, dan tidak segan untuk datang
berbelanja kembali.
Karena strategi pemasaran bisnis retail lebih mengacu pada konsumen
akhir sebagai potensi pasar, sebaiknya lakukan pemasaran bisnis dengan
pendekatan langsung kepada konsumen. Yakinlah bila loyalitas konsumen
telah terbentuk, maka yang menjadi agen pemasaran paling efektif bagi
bisnis Anda adalah para konsumen tersebut. Oleh karena itu, penuhi
kebutuhan konsumen dan biarkan mereka menjadi agen pemasaran Anda. Salam
sukses.
Sumber : Strategi Pemasaran Retail
sumber gambar : http://farm1.static.flickr.com/117/313608149_7197d7894b.jpg dan http://balaiuji.blogdetik.com/files/2010/05/supermarket-300×225.jpg
Post a Comment