Pikat Pelanggan Dengan Cara Ini. agar tetap setia kepada bisnis yang sedang anda jalankan tidak bisa di
lakukan dengan sembarangan, mengingat persaingan bisnis dari hari kehari
semakin meningkat dan selalu bertambah banyak, sedikit saja anda lengah
dalam memperhatikan pelanggan maka anda sudah kehilangan nilai dari
suatu bisnis yang lama anda rintis.
Mengapa anda perlu mempelajari cara memikat hati pelanggan
dengan baik, karena itu juga salah satu dari cara memajukan dan
meningkatkan perkembangan bisnis anda. Bagaimana mungkin sebuh bisnis
akan berjalan dengan lancer apabila pelanggan setiap hari selalu
berkurang sedikit demi sedikit.
Sebagai
seorang penjual maka kita harus tahu apa sebenarnya yang pelanggan
inginkan, jangan sampai kita hanya memikirkan apa yang kita mau saja,
karena dalam bisnis sangat diperlukan sikap win win solution. Agar
tercipta hubungan yang baik antara kedua belah pihak.
Berikut 6 cara memikat hati pelanggan yang bisa anda terapkan dalam menjalan bisnis anda.
#1. Jalankan bisnis secara terbuka
Apabila bisnis anda ingin di kenal banyak
orang maka jangan menjalankan bisnis terselubung, anda harus ingat
bahwa kekuatan pelanggan dari yang satu ke pelanggan lainnya, mereka
akan lebih gampang bercerita kepada temannya yang lain apabila melihat
kejelsan bisnis anda serta dengan mudah mereka pahami dan di kenali.
Biarkan mereka mengetahui informasi tentang bisnis anda secara terbuka
dengan begitu anda bisa membuktikan bahwa bisnis anda bukan bisnis main –
main atau bisnis yang abal – abalan.
#2. Jangan Meremehkan Ucapan Terima Kasih Kepada Pelanggan Anda
Dalam hal ini coba anda berperan sebagai
pelanggan di sebuah toko, bagaimana perasaan anda apabila seorang
pelayan atau pemilik toko berlaku cuek dan tidak memperhatikan pelayanan
yang baik terhadap anda bahkan untuk berterima kasihpun tidak mau,
tentunya anda akan berpikir bahwa pelayanan toko tersebut tidak bagus
dan bisa jadi anda juga bercerita ke orang lain, nah demikian juga
adanya mereka pelanggan anda. Mereka akan senang apabila bertransaksi di
toko anda mendapat ucapan terimakasih dengan lembut di iringi senyuman
ihklas. Mereka tentu akan memuji cara pelayanan di toko milik anda dan
akan kembali lagi suatu saat ketika ada kebutuhan lain.
#3. Usahakan untuk Bisa memberi Reward
Reward berbeda dengan memberikan bonus
atau produk gratis di awal tapi tidak konsisten, memberikan hadiah
kepada pelanggan akan membuat mereka sangat senang sekali tidak perduli
berapapun nilainya meeka akan merasa di hargai, memberikan reward dan
juga hadiah merupakan strategi yang telah terbukti berhasil seperti yang
di terapkan oleh Tsuji orang terkaya di jepang pembisnis Hello Kitty.
#4. Punya Rasa Empati
Sebagai pemilik toko apabila anda
berempati terhadap pelanggan anda itu artinya anda sudah menunjukan
bahwa anda sudah respek terhadap mereka. Adanya sikap empati anda
terhadap pelanggan akan mempererat jalinan dan kepercayaan mereka
terhadap anda.
#5. Menerima saran dan Kritikan dengan terbuka
Ini penting bagi anda untuk di
perhatikan, banyak diantara pembisnis yang tidak suka di kasi saran atau
kritikan, padahal jika anda bisa menanggapi kritikan dan saran
pelanggan dengan bijak anda akan menemukan banyak kebaikan untuk
perbaikan dan kemajuan bisnis anda, karena disana anda akan tahu apa
yang pelanggan inginkan lalu berusaha untuk memenuhi apa yang mereka
butuhkan dari bisnis anda. Jangan mudah tersinggung dengan apa yang
siampaikan oleh pelanngan anda, ketahuilah justru kritikan dan saran
yang keras sebenarnya itu sebuh nilai yang jujur terhadap kualitas
pelayanan bisnis yang anda jalankan.
#6. Hormati dan cintai pelanggan anda.
Dalam bisnis jangan hanya memikirkan
keuntungan dan keuntungan belaka, tapi jadilah teman yang baik bagi
pelanggan anda, berikan pelayanan terbaik untuk semua pelnggan anda
tanpa membeda – bedakan mereka. Jika mereka merasa puas dengan pelayanan
anda maka disana juga mereka akan menjadi pelanggan yang berulang
membeli produk anda, otomatis keuntunganpun akan datang untuk anda.
Pahamilah
bahwa, apabila anda mampu melihat senyuman ihklas terpancar dari bibir
pelanggan anda, itu sudah merupakan keahagiaan tersendiri bagi anda,
bersabrlah terhadap mereka, bersikap sopan santun, cintai mereka
layaknya anda mencintai diri anda, perlakukan mereka sebagaimana apabila
anda yang menjadi pelanggan juga ingin di perlakukan dengan baik.
Teruslah
berusaha jangan putus asa, selama anda berjuang dengan sungguh – sungguh
Isyaa Allah akan selalu ada jalan kemudahan terbuka lebat untuk anda
bisa memikat hati pelanggan dengan mudah agar loyal terhadap bisnis anda.
Sumber : Pikat Pelanggan Dengan Cara Ini
Post a Comment