Strategi pemasaran
yang baik selain kita juga telah mempelajari banyak cara memasarkan
produk kita juga harus bisa mengambil hikmah atau pelajaran dari
kesalahan dan kegagalan hal ini supaya kita jangan sampai terjerumus
kedalam kesalahan strategi pemasaran yang sama.
Kesalahan strategi marketing
memang seringkali tidak disadari oleh pelaku marketing bisnis baik yang
online maupun yang ofline di karenakan mereka terlalu tergiur dengan
nilai rupiah yang begitu besar ingin mereka dapatkan. Ketahuilah bahwa
dalam persaingan strategi pemasaran orang lain akan selalu mencari celah
di mana letak kelemahan dan kesalahan serta kekurangan kita. Sedikit
saja kita lengah mengontrol apa yang kita lakukan dalam strategi
pemasaran produk maka akan memberikan peluang besar bagi pembisnis lain
untuk masuk dan kemudian jauh mendahului kita.
Untuk
mengetahui kesalahan dalam strategi pemsaran produk bisnis kita ada
banyak cara diantaranya dengan banyak belajar dan mengambil hikmah dari
kesalahan atau kegagalan orang sebelum kita, itulah sebabnya kita
seharusnya lebih banyak mendengarkan kesalahan orang lain setelah itu di
iringi dengan mempelajari strategi pemasaran produk yang berhasil agar
kesalahan tidak terjadi pada kita dan sekaligus bisa melakukan strategi
marketing bisnis dengan benar.
Berikut beberapa kesalahan strategi pemasaran bisnis yang sering terjadi dan harus anda hindari karena sudah mengetahuinya:
Kesalahan pertama :
Sebagai seorang pembisnis anda harus bisa
mengontrol atau memanajement keuangan anda dengan baik, banyak para
pembisnis yang sebelumnya berhasil lalu kemudian redup karena tidak bisa
mengelola keuangan dengan baik. Ketika mendapatkan keuntungan dari
bisnis jangan langsung berpikir mau membeli apa atau mau dihabiskan
untuk berenang – senang. Bagilah uang dari hasil keunungan menjadi
beberapa bagian misalkan : untuk kebutuhan anda, untuk mengembangkan
bisnis, untuk memberikan bantuan kepada orang lain dan lain sebagainya.
Anda juga bisa mencari tenga ahli keuangan untuk membuat laporan
keuangan bisnis agar bisa terkontrol dengan baik antara pengeluaran
dengan pemasukan. Mengetahui proses perputaran keuangan bisnis dengan
baik akan memberikan dampak baik bagi kelangsungan bisnis anda
kedepannya.
Kesalahan kedua:
Strategi pemasaran yang tidak konsisten
atau tidak focus, karena sudah begitu banyak strategi marketing di
bagikan oleh para penulis dan lain sebagainya anda harus bijak mengambil
salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk anda jalankan. Jangan
mudah terpengarus dengan cara baru sebelum ada bukti nyata tetaplah
focus dengan strategi yang sudah anda susun sebelumnya. Orang besar dan
pintar akan lebih mudah di lengserkan oleh orang – orang yang focus dan
tidak suka berpindah – pindah strategi pemasaran bisnis.
Kesalahan ketiga :
Banyak menghabiskan waktunya untuk
mengerjakan hal – hal yang tidak ada kaitannya dengan bisnis atau tidak
ada hubungannya dengan pemasukan keuangan bisnis, bukannya tidak boleh
bermain – main tapi anda harus bijak meanajemen waktu kapan saatnya
bermain, berlibur dan kapan saatnya anda harus benar – benar focus
melakukan hal yang berhubungan dengan peningkatan bisnis.
Baca : 21 Strategi Pemasaran Online
Kesalahan Ke empat :
Tidak memberikan pelayanan yang baik dan
memuaskan bagi pelanggan atau konsumen bisnis, penting sekali untuk
mempelajari bagaimana caranya melakukan pelayanan yang baik kepada
pelanggan, baik memberikan hadiah, menanyakan kabar bahkan bila perlu
bertamu kerumahnya. Anda juga bisa menyapa mereka lagi setelah membeli
produk anda. Lakukan via telpon setelah beberapa hari tanyakan kabar
mereka dengan begitu konsumen merasa di perhatikan dan akan bisa loyal
dengan bisnis anda.
Kesalahan Ke Lima:
Tidak mau menerima kritikan dan masukan
dari konsumen, penting sekali untuk memperhatikan apa yang disampaikan
oleh pelanggan bisnis baik berupa kritik dan saran serta testimony
mereka. Anda harus pahami bahwa salah satu kekuatan bisnis ada pada
testimony pelanggan anda. Pengakuan jujur dari mereka akan mampu
memberikan kepercayaan dari konsumen lain yang baru mengenal bisnis
anda. Semakin anda bisa menarik testimony dari konsumen maka akan mudah
juga anda menarik konsumen baru untuk bisnis anda. Jangan abaikan hal
ini.
Kesalahan Ke enam :
Tidak memperhatikan pesing bisnis,
persaingan bisnis semakin ketat jika anda terlalu mengabaikan pesaing
bisnis atau meremehkan keberadaan mereka yang di bawah anda, karena
mungkin mentang – mentang sebagai market leader percayalah bisnis anda
lambat laun akan anjlok dan terkejar oleh mereka. Sebagai pembsinis yang
professional anda harus juga selalu memantau perkembangan bisnis
pesaing agar bisa mengantisipasi keberadaan bisnis anda apakah mau
terkejar atau bisa terus maju berada diatas.
Demikian pembahasan seputar 6 kesalahan strategi pemasaran
dalam bisnis yang bisa kita sampaikan dalam artikel kali ini, semoga di
lain kesempatan masih ada waktu untuk menyampaikan kesalahan –
kesalahan strategi pemasaran produk atau bisnis lainnya lagi agar
perkembangan bisnis sahabat Lebah Master semua semakin meroket. Salam
sukses.
You May Also Like :
Sumber : Kesalahan Strategi Pemasaran
Post a Comment