Apakah anda pernah merasa bahwa toko facebook anda
sepi komentar atau “like” walaupun anda sudah banyak posting produk atau
update terbaru? Kalau iya, hal ini terjadi karena mungkin hari saat
anda posting tersebut kurang sesuai dengan trend pasar. Infograpic dari
LinchinSEO memberikan informasi tentang hari-hari terbaik untuk
memposting update kabar atau produk terbaru sesuai jenis bisnis. Berikut
adalah rangkuman beritanya yang diambil dari 1800 facebook page mulai
dari 1 april 2012 sampai 31 may 2012 (diberitakan di
www.entrepreneur.com):
1. Periklanan dan konsultasi
Jika
anda memiliki jasa periklanan dan konsultasi, maka ujung minggu
direkomendasikan karena menghasilkan interaksi 69% lebih tinggi
dibandingkan hari biasa, walaupun hanya 11% berita yang diposting
dibandingkan dengan hari biasa. Kesimpulannya adalah, balasan dari
pelanggan akan didapatkan lebih banyak dengan jumlah postingan lebih
sedikit pada hari weekend di bandingkan hari kerja.
2. Otomotif
Untuk
bisnis otomotif juga disarankan untuk memposting berita-berita terbaru
pada ujung minggu. Survey ini menunjukkan bahwa interaksi dengan
pelanggan meningkat 15% jika dibandingkan dengan hari biasa.
3. Baju dan fesyen
Untuk
bisnis baju dan fesyen, interaksi dengan pelanggan meningkat sedikit
demi sedikit mulai dari hari senin dan mencapai puncak pada hari kamis,
dimana meningkat 13%. Hari sabtu dan minggu juga menunjukkan interaksi
diatas rata-rata.
4. Produk kemasan
Untuk
bisnis produk kemasan, interaksi dengan pelanggan meningkat 15% pada
ujung minggu dan hari rabu. Pada haris kamis interaksi lebih rendah
dibandingkan hari lainnya.
5. Entertainment
Bisnis
hiburan mengalami peningkatan interaksi dengan pelanggan pada ujung
minggu, yaitu lebih tinggi 20% dari hari biasa. Hari sabtu lebih tinggi
interaksinya dibandingkan minggu.
6. Keuangan
Interaksi
dengan pelanggan sangat tinggi di ujung minggu, hal ini terjadi
kemungkinan karena jasa-jasa ini tutup pada ujung minggu. Interaksi
dengan pelanggan meningkat 29% lebih tinggi dibandingkan hari biasa,
hanya dengan posting 4% dari posting hari biasa.
7. Makanan
Interaksi
dengan pelanggan untuk bisnis makanan lebih tinggi pada ujung minggu,
dibandingkan dengan hari biasa. Sayangnya bisnis makanan memposting
beritanya lebih sedikit pada ujung minggu dibandingkan hari kerja.
Karena itu bagi anda yang memiliki bisnis makanan, disarankan untuk
tidak berhenti posting di ujung minggu.
8. Kosmetik dan obat kesehatan
Hari
senin dan minggu memperlihatkan interaksi yang lebih tinggi jika
dibandingkan hari-hari biasa yaitu 11% dan 12%. Hari selasa merupakan
hari yang interaksinya lebih sedikit dibanding hari lain.
9. Bisnis non-profit
Ujung
minggu menunjukkan interaksi yang lebih tinggi untuk bisnis ini,
sayangnya banyak bisnis non-profit yang tidak memposting pada ujung
minggu.
10. Penerbitan
Hari
minggu dipilih oleh pengguna facebook untuk mengejar ketinggalan berita
selama 1 minggu sebelumnya. Alhasil interaksi menjadi lebih tinggi
sebanyak 5%. Pada hari senin, interaksi menurun 7%. Hal ini dikarenakan
sibuknya para facebooker saat hari senin.
11. Informasi Olahraga
Acara-acara
olahraga biasanya diadakan pada ujung minggu, karena itu tidak
dipungkiri banyak interaksi tentang olahraga di ujung minggu. Untuk
hari-hari biasa, interaksi pada page olahraga sangat jarang.
12. Teknologi
Senin
adalah hari terbaik untuk posting karena interaksinya yang lebih tinggi
30% dari rata-rata. Interaksi jarang saat di ujung minggu.
13. Telekomunikasi
Untuk
industry telekomunikasi, jumat, minggu dan senin mencapai interaksi
tertinggi. Posting banyak dilakukan pada hari selasa oleh industri
telekomunikasi, padahal interaksi pada hari selasa 8% lebih rendah
dibandingkan hari lain.
14. Travel
Karena
kebanyakan travelling dijalankan pada ujung minggu, maka interaksi pada
page travel meninggkat dari hari kamis dan memuncak di hari minggu,
yaitu meningkat 19% lebih tinggi dari rata-rata.
Linchpinseo
juga memberikan fakta bahwa posting pada jam 8 malam sampai jam 7 pagi
mendapatkan interaksi 14% lebih tinggi jika dibandingkan posting jam 8
pagi sampai jam 7 malam. Bisnis yang memposting satu atau dua kali dalam
1 hari mendapatkan interaksi 19% lebih tinggi. Page yang memposting
lebih dari 7 kali setiap minggunya mengalami penurunan interaksi dengan
pelanggan sebanyak 25%. Posting yang dilakukan pada ujung minggu
mendapatkan interaksi 14.5% lebih tinggi daripada hari kerja. Sayangnya
hanya sedikit bisnis yang memberikan posting pada ujung minggu.
Post a Comment