Pernahkah Anda melihat kaus dengan
animasi lucu yang disematkan dengan sebuah pesan Islami? Jika Anda
pernah melihatnya kemungkinan besar Anda saat itu sedang melihat brand
Afra Kids. Afra Kids memang brand kaus yang khusus menyasar anak-anak
dengan dengan membawa misi dakwah yaitu memberikan inspirasi dan pesan
agamis kepada keluarga muslim di Indonesia.
Kenapa harus dengan kaus? Menurut
pendirinya yaitu Muhammad Maula Alhaq bersama lima rekannya dengan kaus,
anak belajar dari apa yang mereka kenakan dengan melihat dan mendengar
hingga dibawa sampai dewasa. Lalu bagiamana perjalanan bisnis pakaian
beragam corak dan warna yang kini telah memiliki 600 agen dan menjual
ribuan potong kaus per bulan hingga ke Malaysia dan Singapura ini?
Berikut ulasannya.
Latar Belakang Bisnis Afra Kids
Seperti disebutkan sebelumnya bahwa
bisnis kaus Afra Kids ini didirikan oleh Maula bersama lima temannya.
Perkongsian keenam anak muda ini ternyata memiliki satu misi yang sama
yaitu dakwah. Karena mereka semuanya memiliki latar belakang dari dunia
kreatif maka mereka sepakat untuk untuk menerjuni bisnis ritel pakaian.
Selain berlatar belakang yang sama dari dunia kreatif, mereka berenam
juga berlatar belakang aktivis muslim.
Kelahiran Afra Kids ini sendiri
terbilang unik. Dimulai dari pertemuan para foundernya di sebuah kamar
hotel di Yogyakarta dalam sebuah acara digital marketing, akhirnya
mereka sepakat membesut Afra Kids dengan modal sekitar Rp 30 juta untuk
tes pasar setelah 7 bulan sejak pertemuan di hotel tersebut.
Akhirnya pada tahun 2013, mereka sepakat
untuk memulai bisnis. Awalnya memang label yang diberikan bernama
Little Muslim, namun melalui tes pasar dan evaluasi mereka kemudian
mengubah namanya dengan Afra Kids.
Karakter Kaus Afra Kids
Saat ini showroom Afra Kids yang berada
di kawasan Jakarta Selatan, menyediakan beberapa varian model kaus anak
laki-laki ataupun perempuan dengan ukuran mulai dari paling kecil sampai
XL. Tema full colour menjadikan produk Afra Kids cocok dengan karakter
anak-anak yang ceria.
Kaus yang dibanderol mulai Rp 55 ribu
hingga Rp 95 ribu ini menurut Maula, memiliki proses kreatif yang
panjang tetapi dengan harga terjangkau. Afra Kids sendiri mempunyai
empat produk yaitu kaus anak, tas anak, tumbler anak dan tempat makan
anak.
Kemitraan Bisnis Afra Kids
Setelah beberapa tahun memasarkan produk dan mendapat respon positif, Afra Kids kini telah membuka peluang #bisnis kemitraan.
Kemitraan yang dibuka Afra Kids sendiri terdiri dari tiga paket
kemitraan yaitu Naima seharga Rp 3,60 juta; Royyan Rp 7,55 juta; dan
Firdaus Rp 12,60 juta. Dengan harga itu, mitra sudah mendapatkan paket
yang termasuk pelatihan, kartu nama, produk dan katalog.
Untuk yang berminat sebagai mitra, Anda
hanya cukup mendaftar di web agenafrakids.com. jangan lupakan juga
bahwa dengan menjadi mitra Afra Kids, Anda bisa berkesempatan
mendapatkan hadiah seperti paket umrah dan jalan-jalan ke luar negeri.
Kini Afra Kids sendiri telah memiliki 600-an agen di seluruh Indonesia
dan beberapa negara seperti Malaysia dan Singapura.
Tantangan dan Pengembangan Bisnis
Menurut Maula tantangan terbesar dalam
menjalankan Afra Kids adalah ketika bisnis mau scale up, harus ada
perubahan besar di sana-sini. Maka dari itu tim Afra Kids masih belajar
untuk memperluas wadah dalam pengembangan dan mengintegrasikan setiap
divisi. Untungnya pengalaman dari para founder Afra Kids telah teruji di
bisnis sebelumnya. Jadi dari pengalaman inilah yang membuat Afra Kids
mampu mengatasi tantangan yang ada.
Dalam mengembangkan Afra Kids Maula dan
kelima rekannya melakukan strategi dengan menebar kebaikan di mana pun,
termasuk menambah cabang. Dengan strategi menanam kebaikan itulah mereka
mengampanyekan nilai dan mengajak bergabung dalam gerakan mereka.
Untuk perluasan pasar, mereka akan
melakukan riset dan pemetaan terlebih dahulu daerah mana saja yang
penjualannya besar, kecil, dan yang belum tersentuh sama sekali. Setelah
itu, mereka akan boosting #promosi di daerah-daerah itu dengan skala prioritas bergantung pada sasaran saat itu.
Sumber : Maxmore
Untuk harapan kedepan, selain hendak
mengembangkan produk, Afra Kids juga berharap bisa memperkuat tim
internal, menyejahterakan agen dan meluaskan manfaat dengan hal konkret
seperti membangun Desa Quran di wilayah Bogor. Target jangka panjangnya
sendiri adalah membangun ekosistem di mana sebuah bisnis bisa berdampak
pada sisi sosial dan spiritual.
Post a Comment