Banyak pemilik toko online / e-commerce menggunakan media sosial seperti Twitter untuk berhubungan dengan pelanggan, membangun hubungan personal, melakukan penjualan, membangun personal brand dan untuk mencapai suatu tujuan bisnis.
Merchant / toko online bisa belajar apa yang pelanggan katakan
tentang merek dan produk mereka, memberikan layanan pelanggan dengan
proaktif, dan menciptakan campaign promosi yang mendorong penjualan.
Keberhasilan penggunaan Twitter mengharuskan Anda untuk mengerti
bagaimana memanfaatkan platform ini untuk membuat respon yang
diinginkan. Berikut ini 25 tips cara menggunakan Twitter untuk bisnis
kecil.
1. Pilih Nama yang Tepat
Username Anda (@ username) adalah URL Twitter Anda. Jika akun Anda
akan terkait dengan perusahaan Anda, coba gunakan nama bisnis Anda atau
variasinya. Twitter memungkinkan maksimum 15 karakter untuk username.
Salah satu tips adalah menggunakan nama yang brandable (sesuai dengan
brand Anda) atau menggunakan nama yang mudah diingat (misalnya :
TipsFashion).
2. Buat Profil yang Relevan dengan Merek
Profil Anda terdiri dari bio, avatar, dan background. Ini semua harus
mendeskripsikan merek Anda dalam sekejap, pilih elemen-elemen visual
yang paling mewakili.
Tulis jelas, bio – deskripsi perusahaan Anda dalam 160 karakter atau
kurang – yang menggambarkan merek Anda, produk, dan jasa, termasuk link
yang bisa di-track ke situs Web atau landing page tertentu. Logo bisnis
Anda dapat berfungsi sebagai avatar. Pilih warna dan gambar yang
konsisten dengan situs web Anda dan branding.
Berikut adalah dua profil yang sesuai dengan pedoman ini: Etsy.com
(online marketplace di US) dan Bass Pro Shops (retailer peralatan
outdoor).
3. Menjadi Pendengar yang baik
Listen first and tweet later adalah motto yang baik untuk menggunakan
Twitter dalam konteks e-commerce. Gunakan Twitter advanced search atau
tools seperti HootSuite dan Sprout social untuk mencari tweet yang
mencakup nama perusahaan, produk atau layanan yang ditawarkan, serta
tweet tentang pesaing Anda dalam kategori bisnis Anda. Kemudian,
responlah dengan tepat. Ikuti dan amati mercant lain dalam industri
Anda untuk melihat apa yang mereka lakukan. Kontributor kami, Stephanie
Wiriahardja berbagi tentang bagaimana cara ia melakukan “listening”
sebelum datang ke event di artikel : #Vanstartup experience part 1 : Preparation to networking.
4. Gunakan Style Anda
Jangan terlalu formal dalam posting Anda dan Tweet Anda haruslah
mencerminkan kepribadian bisnis Anda. Penggunaan humor adalah praktek
umum, menyuntikkan anekdot lucu dari waktu ke waktu juga bagus jika
audiens Anda cocok.
Meskipun tone suara Anda tidak harus berubah, tone yang Anda gunakan
haruslah dapat beradaptasi dengan situasi tertentu. Misalnya, jika
seseorang mengeluh tentang layanan pelanggan Anda, tone Anda harus lebih
meyakinkan dan hormat. Jika seseorang memuji produk yang Anda tawarkan
balas dengan semangat dan rasa terima kasih.
5. Berinteraksi dan Menjawab
Anda harus membalas tweet tentang bisnis Anda, apakah itu tentang hal
positif atau negatif. Anda harus membalas pesan positif tweet,
berterima kasih kepada mereka yang memuji Anda dan tetap menjaga manner
jika ada yang men tweet hal negatif tentang perusahaan Anda.
6. Cari Influencer
Gunakan tools pengukuran seperti Klout untuk mencari follower Anda yang sering terlibat, dan berikanlah apresiasi untuknya.
7. Gunakan Twitter dengan strategi
Meskipun banyak interaksi Anda yang mungkin terjadi dalam waktu dekat
secara real-time – tanggapilah pertanyaan pelanggan, misalnya, karena
ini merupakan salah satu cara menggunakan Twitter dengan strategi.
Buat kalender konten dan jadwal beberapa tweet yang konsisten selama
beberapa hari atau minggu. Sisihkan hari-hari tertentu untuk
tweet tertentu . Misalnya, Senin bisa untuk promosi, Selasa untuk foto
di belakang layar, Rabu how-to tips, Kamis bisa fokus pada trending
topics, dan Jumat untuk menyoroti orang-orang di perusahaan Anda.
8. Pikirkan Tentang Apa yang Pelanggan Anda Ingin Lihat
Orang-orang menghargai informasi yang memecahkan masalah atau
menjawab pertanyaan mereka. Mereka juga menanggapi tweet yang
menginspirasi dan menghibur, sehingga cakupkanlah kedua jenis konten
tersebut pada rencana Anda. Buatlah tweet Anda dengan tujuan untuk
menjaga kepentingan bisnis Anda dan kebutuhan follower Anda.
9. Berbagi Media Buzz
Jika bisnis Anda akan diulas di media, share link itu di Twitter.
10. Buatlah Konten Unik
Share konten di Twitter yang follower Anda tidak akan menemukannya
tempat lain. Hal ini dapat mencakup penawaran eksklusif, foto di
belakang layar, profil karyawan, atau rilis produk baru.
11. Gunakan Hashtags
Hashtag adalah cara untuk mengatur Tweet Anda di sekitar kata kunci atau topik tertentu.
12. Bagikan Deals
Menurut Compete.com, 94 persen dari orang yang yang memfollow brand
di twitter memiliki alasan utama untuk mengetahui diskon dan promo.
Berikan follower Anda diskon dan penawaran yang tidak bisa mereka
dapatkan di tempat lain.
13. Masukkan Berbagai Jenis Media
Twitter menyatakan bahwa posting dengan link, gambar, dan video
mendapatkan retweeted lebih dari akun twitter yang hanya berisi teks,
dan tweets dengan foto mendapatkan dua kali respon dari mereka yang
tidak mengandung foto.
Mengenai penggunaan video, Twitter baru-baru ini mengakuisisi Vine,
sebuah aplikasi iOS yang memungkinkan Anda shoot video dengan durasi 6
detik. Beberapa retailer mulai bereksperimen dengan itu, Anda mungkin
bisa juga menggunakannya untuk bisnis Anda.
14. Tweet dengan frekuensi yang sering
Tidak ada angka ajaib berapa banyak tweet yang harus Anda tweet .
Sekali per hari adalah jumlah yang baik ketika Anda belajar untuk
memulai, dan kemudian Anda dapat menguji frekuensi postingan yang
berbeda untuk melihat apa yang terbaik untuk bisnis Anda dalam hal
respon.
15. Retweet dan berikan mention
Passing tweet orang lain ke follower Anda adalah cara yang baik untuk
membangun sosial capital dan meningkatkan kredibilitas. Hal ini sering
dapat membuat orang lain ingin retweet konten Anda. Cobalah juga untuk
me-mention orang lain dalam tweet Anda dengan memasukkan username @
mereka. Tweet positif yang relevan, dan materi yang bersifat pribadi
dapat membangun goodwill.
16. Gunakan Direct Messages
Sebuah pesan langsung – DM – adalah cara pengguna Twitter untuk dapat
berkomunikasi secara pribadi dengan yang lain. Anda mungkin ingin
menggunakan Direct Message dalam kasus-kasus di mana pertanyaan atau
masalah follower Anda terlalu spesifik. Mintalah follower Anda untuk
mengirimkan pesan langsung dengan informasi kontak agar Anda dapat
merespon melalui email atau telepon. Perhatikan juga bahwa Anda dapat
mengirim dan menerima DM hanya dari follower Anda, dan sebaliknya.
17. Favorit Tweet Positif
Gunakan pilihan ”Favorite tweet” untuk menyoroti tweet dari pengguna yang memuji merek atau produk Anda.
18. Mengintegrasikan Twitter ke Situs Web Anda
Integrasikanlah akun Twitter Anda ke situs web e-commerce atau blog. Twitter menawarkan empat cara untuk melakukan ini :
19. Gunakan yang Tweet Pendek
Meskipun Twitter memiliki batasan 140 karakter, penelitian
menunjukkan pada tahun 2012 bahwa tweet pendek kurang dari 100 karakter
mendapatkan tingkat engagement 17 persen lebih tinggi. Kemudian cobalah
untuk memberikan beberapa karakter – 20 karakter misalnya - bagi orang
lain yang ingin me-retweet posting Anda dan menambahkan konten.
20. Ikuti Minat Anda
Followlah banyak akun untuk menemukan konten yang relevan dan menginspirasi Anda untuk ide-ide tweets berikutnya.
21. Fokus pada Passion orang banyak
Twitter menyediakan fitur untuk Anda yang ingin berkomunikasi dengan
orang lain yang memiliki minat yang sama. Daripada berfokus hanya pada
produk dan jasa Anda, cobalah untuk membuat konten yang pas untuk
passion audience Anda.
22. Gunakan Iklan Twitter
Twitter memiliki dua pilihan iklan yang cocok untuk anggaran usaha
kecil : Promoted Accounts and Promoted Tweets. Fitur ini bisa digunakan
untuk menempatkan posting Anda di tempat yang bisa dilihat oleh lebih
banyak orang. Di Indonesia fitur ini nampaknya belum dilaunch secara
massive, ikutilah perkembangan berita tentang launch fitur ini.
23. Ajukan Pertanyaan
Tanyakan kepada pelanggan Anda jika mereka mengikuti Anda di Twitter
dan apa yang mereka pikirkan tentang tweets Anda. Cari tahu apakah ada
sesuatu yang dapat Anda lakukan secara berbeda untuk meningkatkan
pengalaman mereka atau membuat value yang lebih.
24. Tentukan Metrik
Sangat penting untuk mengukur keterlibatan Twitter Anda dalam hal
efektifitas pada tujuan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa metrik
untuk dipertimbangkan:
- Pertumbuhan Follower. Berapa banyak Follower baru Anda setiap hari, minggu atau bulan;
- Keterlibatan Follower. Berapa banyak Follower berinteraksi dengan tweet Anda;
- Jangkauan. Berapa banyak pengguna yang favorit atau me retweet posting Anda;
- Traffic. Berapa banyak orang mengunjungi situs Anda dari Twitter;
- Konversi. Berapa banyak pengguna mendaftar untuk layanan Anda atau membeli produk Anda.
25. Siap-siap untuk hal-hal yang terjadi secara Real-time
Twitter selalu ON 24 jam 7 hari seminggu sehingga memungkinkan Anda
untuk berpartisipasi dalam setiap percakapan yang terjadi. Sosial media
memiliki banyak kejutan, banyak peluang penjualan mungkin bisa timbul.
Cobalah untuk tetap bersiap ketika hal itu datang.
Kesimpulan
Dengan menggunakan 25 tips diatas, Anda bisa meningkatkan kualitas
keterlibatan Twitter Anda dengan cara yang mendukung tujuan pemasaran
bisnis Anda dan tujuannya. Untuk informasi lebih lanjut, Twitter
menawarkan dua sumber daya untuk usaha kecil yaitu : @twittersmallbiz. untuk small business team dan Twitter for smaller businesses. Situs informasi untuk pengguna small business.
Post a Comment