Riset pemasaran sangat penting bagi keberlangsungan sebuah usaha.
Secara sederhana riset pemasaran adalah suatu proses mengumpulkan
informasi secara sistematis mengenai pemasaran dan seluk beluknya.
Informasi ini, nantinya akan menghasilkan kumpulan info dan insight
untuk memutuskan rencana pemasaran yang akan dilakukan.
Tujuan dari riset pemasaran ialah membantu pengambilan keputusan,
peningkatan produk, dan mengurangi risiko kegagalan. Banyak tipe riset,
tapi yang dasar: primer vs sekunder dan kuantitatif vs kualitatif.
Riset sekunder: kita mengambil data yang sudah ada, misal dari
perpustakaan dan internet. Riset jenis ini lebih murah dan lebih cepat.
Kelemahannya, kita kesulitan mencari data dan seringkali tidak aktual
sehingga tidak relevan dengan kondisi saat ini.
Untuk riset primer, kita ambil data langsung ke target riset kita,
konsumen atau responden. Kelebihan riset jenis ini ialah lebih aktual,
bisa customized, tapi lebih mahal dan memakan waktu.
Sementara untuk riset kuantitatif adalah adanya kuesioner (bentuknya
numbering) yang bersifat statistik. Sedang riset kualitatif bisa
dilakukan dengan grup diskusi, observasi, dan interview. (as)
Sumber : Riset Pemasaran
Post a Comment