http://dvdmurottal4mode.blogspot.com/

Home » » Wanita dan Pria Dalam Hal Belanja Online

Wanita dan Pria Dalam Hal Belanja Online

Written By Cetakan Puding Silikon on Monday 1 February 2016 | 20:45

Berbelanja secara online bukan hanya menjadi alternatif membeli barang. Saat ini kegiatan tersebut telah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat. Tak sedikit pula yang sudah kecanduan atau menganggapnya sebagai sebuah kebiasaan. Meski masih banyak orang yang tidak percaya dengan online shopping, industri ini terus saja berkembang. Bahkan menurut data yang dihimpun oleh BMI Research, di tahun 2015 kegiatan berbelanja melalui e-commerce akan meningkat dua kali lipat dan bisa menyumbangkan Rp 50 triliun untuk negara. BMI (Brand & Marketing Institute) melakukan riset kepada para pembelanja online pada Desember 2014 lalu. Survei dilakukan terhadap 1.213 pengguna internet melalui telepon dengan jangkauan usia 18-45 tahun. Apa saja fakta menarik terkait online shopping yang terjadi sepanjang tahun 2014 yang dihimpun BMI Research? 

1. Gender Berbelanja hanya kegemaran para wanita? Sepertinya belum tentu. Menurut hasil riset, perempuan memang menempati urutan pertama dengan presentase 57%. Namun pria yang membeli barang melalui E-commerce juga tidak berbeda jauh yakni sebanyak 47%. 

2. Waktu Berbelanja ‎Menurut riset yang dilakukan di 10 kota besar di Indonesia tersebut, ada dua waktu utama para online shopper Indonesia berbelanja. Yakni pada pukul 10 hingga 12 pagi serta di atas jam delapan malam. Yang juga menarik adalah fakta yang mengungkapkan jika wanita merupakan kaum yang berbelanja di pagi sampai siang hari. Sementara pria adalah pembelanja malam. "Mungkin para wanita melihat belanja online sebagai energizer atau pemberi semangat sebelum berangkat kerja. Sedangkan bagi pria belanja online adalah sebuah kegiatan yang merileksasi karena dilakukan setelah pulang kantor," ujar BMI Research Head Yoanita Shinta Devi di Restauran Es Teler 77, Adityawarman, Jakarta Selatan, Kamis, (22/1/2015). 

 3. Pasar ‎Lalu orang-orang di umur berapakah yang paling sering berbelanja online? ‎Dikutip dari riset, mahasiswa dan karyawan muda adalah pasar potensial dari kegiatan ini. Usia 24-30 tahun menempati urutan pertama dengan presentase 33%. Sedangkan 18-23 tahun menempati urutan kedua dengan presentase 23%. Sementara usia 41-45 tahun adalah kalangan yang paling jarang berbelanja online dengan presentase 8%. 

 4. ‎ Melalui Gadget Kebiasaan membeli barang di situs E-commerce ternyata lebih sering dilakukan di gadget‎. Sebanyak delapan dari 10 responden menyatakan jika mereka melakukan transaksi secara mobile. 

5. ‎Produk Favorit Di Indonesia, busana merupakan produk yang paling banyak diperjualbelikan melalui E-commerce. Kemudian diikuti oleh item fashion dan aksesori lainnya seperti sepatu, jam tangan, atau perhiasan. Setelah itu baru gadget serta alat elektronik. Menurut Yonita, setiap negara memilki kebiasaan yang berbeda-beda. Misalnya negara Amerika Latin lebih gemar membeli alat elektronik jika membeli barang online. 

6. ‎Pembelian per Tahun Tak sedikit orang yang sudah ketagihan dengan kegiatan berbelanja online. Mereka pun bisa menghabiskan banyak uang karena tergoda penawaran atau karena terbatasnya barang yang diinginkan. Menurut riset BMI, para responden umumnya melakukan transaksi sebanyak Rp 825 ribu per tahun. Kegiatan ini pun telah menyumbangkan sekitar Rp 21 triliun untuk perekonomian Indonesia tahun lalu. 

7. Keluhan Utama ‎Meski sudah banyak membuat orang keranjingan, belanja online masih menimbulkan berbagai keluhan. Sebanyak 1.213 responden menyatakan jika perbedaan antara tampilan produk di situs dengan barang asli menjadi masalah utama. Kemudian waktu pengiriman yang kadang menghabiskan waktu hingga berhari-hari adalah persoalan berikutnya. Disusul dengan masalah jaringan internet yang kadang mempersulit proses transaksi. Yang terakhir adalah ketakutan akan penipuan. 

8. Pembayaran Di Indonesia transaksi pembayaran belanja online lebih banyak dilakukan dengan transfer melalui bank, baik itu teller, mobile banking, atau internet banking. Kemudian disusul dengan COD (Cash On Delivery) yang berarti pelanggan membeli setelah barang datang. Urutan ketiga ditempati oleh pembayaran menggunakan kartu kredit.

Sumber : Wanita Dan Pria Dalam Belanja Online
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pengusaha Muslim Kalimantan Barat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger