http://dvdmurottal4mode.blogspot.com/

Home » » Promosi Website dan Bisnis Secara Offline

Promosi Website dan Bisnis Secara Offline

Written By Cetakan Puding Silikon on Saturday 25 April 2015 | 09:04

Setelah mengenal cara mempromosikan website secara online sebelumnya, pada sekarang akan dibahas cara mempromosikan website secara offline. Mempromosikan website secara offline artinya memperkenalkan alamat website kita ke khalayak luas melalui metode non online sehingga orang-orang dapat berkunjung ke website dan menikmati layanan-layanan yang disediakan.
Kita mengerti bahwa mempromosikan website secara online merupakan solusi paling efektif, cepat, dan murah. Namun demikian, para pengusaha yang serius sadar bahwakegiatan promosi tidak ada istilah "cukup". Untuk mencapai sukses besar, setiap bisnisperlu menempuh semua jalur marketing yang memungkinkan.
Mengapa promosi offline penting?
Ada beberapa alasan mengapa promosi offline dipandang penting:
  1. Tidak semua orang memiliki waktu atau kesempatan yang cukup untuk mencari-cari sebuah URL/website.
  2. Banyak di antara klien-klien potensial yang tidak suka mencari-cari.
  3. Tidak semua pengguna Internet faham bagaimana menggunakan search engine atau direktori web online untuk menemukan alamat website kita.
  4. Perebutan posisi website dalam hasil pencarian search engine atau direktori web online semakin ketat sehingga kemungkinan orang-orang menemukan URL kita semakin kecil.
  5. Semakin banyak URL kita diekspos, semakin mudah orang mengingatnya dan semakin tinggi trafik kunjungan ke website kita.
  6. Peluang keberuntungan semakin dekat pada mereka yang berusaha lebih keras.
 Menimbang alasan-alasan inilah, maka jalur promosi offline tidak bisa diabaikan. Dibawah ini adalah beberapa tip atau metode promosi offline yang bisa kita tempuh untukmempopulerkan website kita.
Cantumkan URL (www.websitekita.com) Kita pada Alat-Alat Tulis Kantor (ATK)
Sebagai usaha sederhana, mulailah dengan memasukkan URL di semua ATK kita: pensil, bolpen, penggaris, kartu nama, kop surat, amplop, invoice/nota, kwitansi, brosur,kartu promosi, dan selebaran-selebaran perusahaan lainnya. Saat klien, partner bisnis, pelanggan, atau siapa pun memang salah satu dokumen atau barang-barang ini, mereka dapat melihat dengan jelas alamat website kita dan berfikir bahwa di sana lah informasi lebih banyak akan ditemukan.
Ciptakan Brand Melalui Kendaraan Dinas
Banyak perusahaan megaprofit mengekspos nama atau logo perusahaan mereka pada kendaraan-kendaraan dinas. Mengapa kita tidak mengikuti jejak mereka? Ini adalah upaya letarung-petarung besar menunjukkan brand dan identitas dihadapan masyarakat luas, yang membuat mereka semakin diakui dan disegani.

Oleh karena itu, pastikan tidak ada kendaraan dinas kita yang tidak berlabelkan nama dan logo perusahaan, juga alamat email dan URL website. Paling tidak, sebuah stiker kecil menempel pada kaca belakang mobil.

Aksesoris & Souvenir
Kita juga harus gencar mempromosikan URL website melalui asesoris atau pernik- pernik kecil, seperti kalender, stiker, mouse pad, cangkir kopi, t-shirt, topi, payung, sapu tangan, handuk, dan masih banyak lagi. Untuk tujuan ini, kita bisa bekerjasama dengan pabrik-pabrik yang berhubungan.
  1. Berikan pernik-pernik ini secara cuma-cuma.
  2. Utamakan diberikan kepada member.
  3. Bagikan kepada komunitas yang sekiranya bisa menjadi klien/pelanggan potensial (pelajar/mahasiswa, karyawan kantor, anggota perkumpulan).
  4. Lakukan riset tentang siapa saja kiranya yang dapat menjadi target yang tepat.-    Sekali lagi, jangan merasa sayang. Kesuksesan terkadang harus dibayar dengan sedikit pengorbanan.
Bangun Logo dan Nama Perusahaan di Gerbang Utama Kantor dengan Megah
Membangun tugu logo dan nama perusahaan di sekitar pintu gerbang merupakan simbol kepercayaan diri, memberikan spirit bagi perusahaan dan karyawan, sekaligus mengiklankan diri kepada masyarakat luas, terutama kepada penduduk di sekitar, orang-orang yang lewat, dan tamu-tamu yang berkunjung.
Meskipun belum ada data pasti seberapa besar pengaruh yang bisa dihasilkan, tetapi percayalah bahwa usaha ini tidak akan sia-sia dan bisa memberikan dampak positif terhadap popularitas perusahaan/organisasi kita.
Pasang Papan Iklan atau Reklame di Lokasi-Lokasi Strategis
Ini merupakan senjata utama para salesman dari zaman ke zaman untuk mempromosikan produk-produk mereka, mulai dari mie rebus rasa ayam bawang sampai mie goreng berhadiah miliaran rupiah!. Dapatkah metoda papan reklame dapat mempromosikan situs kita secara efektif? Tidak ada jawaban yang bijaksana sebelum Anda menengok ilustrasi berikut.
Ada beberapa strategi untuk mengiklankan situs atau URL pada papan-papan reklame:
  1. Buatlah iklan-iklan reklame yang berkualitas.
  2. Untuk solusi murah meriah, gunakan spanduk atau baliho dengan beragam ukuran.
  3. Pasang reklame atau spanduk di lokasi-lokasi strategis, seperti pusat perbelanjaan, persimpangan jalan utama, toko buku, internet cafe, di depan kampus ternama, kantin, dll.
Pasang Iklan di Media Konvensional
Jangan pernah mengabaikan media-media konvensional. Surat kabar harian pagi dan majalah rumpi masih merupakan tradisi di banyak rumah. Iklan surat kabar memang mahal, tetapi kita bisa memulai dari yang kecil-kecilan. Beriklan di surat kabar lokal
biasanya lebih murah.
Kita akan segera menyadari bahwa mengiklankan website melalui media-media konvensional dapat memberi pengaruh besar terhadap peningkatan trafik kunjungan.
Pasang Iklan di Media Elektronik
Tentu saja radio dan televisi juga sangat efektif untuk mengiklankan website karena dapat menjangkau pemlirsa yang luas. Hanya dalam beberapa durasi tayang, pesan kita akan tersampaikan ke jutaan orang. Sayangnya, iklan jenis ini dapat menyita anggaran yang sangat besar. Meskipun demikian, jika perusahaan kita masih kecil atau baru berkembang, kita bisa mencoba beriklan di televisi atau radio lokal.
Berpartisipasi dalam Kegiatan Sosial
Ide yang mulia jika perusahaan kita terjun secara aktif dalam kegiatan-kegiatan amal dan sosial. Ada banyak keuntungan yang bisa diraih. Yang jelas, secara alami kita akan dikenal dan mendapat pengakuan yang luas, meskipun tidak memintanya. Jadi, jangan menunda waktu untuk berbuat!
Sebarkan Pamflet dan Brosur
Brosur dan pamflet dapat juga menjadi solusi murah-meriah untuk memperkenalkan URL kita ke banyak orang.
  • Buatlah brosur berisi artikel-artikel "how-to" yang menerangkan cara melakukan sesuatu. Jika kita menjual komputer misalnya, mungkin brosur kita dapat berisi tip dan trik merawat komputer, panduan upgrade dan reparasi, atau info peripheral terbaru.
  • Sebarkan brosur ke masyarakat luas, terutama ke sentra-sentra calon pelanggan potensial.
Plat Nomor Kendaraan
Ini merupakan trik yang banyak dilakukan oleh kaum muda. Kita berusaha mendapatkan lisensi nomor mobil personal yang unik dari aparat setempat, dengan nama situs kita atau nama bisnis kita.
Kartu Nama
Keampuhan kartu nama dalam memperkenalkan alamat website dapat mengimbangi kop-kop surat dan selebaran perusahaan. Jadi, pastikan kartu nama kita mencantumkan alamat e-mail dan URL website. Bawalah selalu 5-10 kartu dalam dompet kita, berikan kepada teman, saudara, tetangga, rekan bisnis, kenalan di jalan, atau siapa saja.
 
Poster
Poster memang benda bisu, tetapi banyak "cerita" yang bisa diungkapkan oleh sebuah poster. Gambar dapat memberikan sejuta makna bagi yang melihatnya. Begitu pula dengan kata-kata yang tertulis di Atasnya.
Ia bisa menyampaikan banyak pesan membuat si pembaca terharu, tersentuh emosinya, atau melakukan sesuatu di luar kesadarannya. Oleh karena itu, gunakanlah peluang ini untuk mendukung bisnis kita.
  1. Buatlah poster-poster yang menampilkan URL situs kita.
  2. Gunakan teknik desain profesional.
  3. Gunakan teknologi cetak terkini
  4. Sampaikan banyak pesan bermanfaat kepada khalayak; pesan kemanusiaan, moral,kesehatan, religi dan sebagainya.
  5. Pasang atau sebarkan poster di pusat-pusat layanan public, seperti rumah sakit, ruang kerja dokter, ruang tunggu tamu, lembaga pendidikan, lembaga sosial, instansi pemerintah, dll.
Kartu Pos
Kebanyakan orang akan senang saat mendapat kiriman kartu pos, terlebih kaum muda. Meskipun sederhana dan murah, tetapi makna di balik itu sangatlah besar. Orang-orang akan merasa diakui sebagai sahabat dekat, klien/partner penting, atau orang spesial bagi si pengirim. Karena dampaknya yang positif, kartu pos dapat menjadi alat yang efektif untuk memperkenalkan alamat website kita ke banyak orang.
Acara Talkshow Radio dan Televisi
Tampil di acara talkshow radio dan televisi merupakan kesempatan langka, namun dampaknya sangat fantastis dalam mempopulerkan nama dan bisnis kita. Tidak semua orang berkesempatan tampil di acara radio dan televisi.Untuk mendapatkannya, biasanya kita harus melakukan sesuatu yang dipandang besar,istimewa, atau luar biasa-meskipun tidak selalu demikian. Acara talkshow seringkali gratis, namun pengaruhnya terhadap popularitas bisamengalahkan iklan-iklan yang berbiaya mahal. Ketika kita diundang oleh stasiun radio
atau televisi untuk tampil, JANGAN BUANG KESEMPATAN INI!
Ada beberapa tip yang dapat membantu meningkatkan kesempatan tampil di acaratalkshow radio dan televisi:
  1. Pastikan bisnis kita membuat gebrakan baru yang membuat orang-orang berdecak.
  2. Mencoba menawarkan diri kepada stasiun radio/televisi untuk tampil di acara talkshow dan usulkan topik apa yang akan diusung.
  3. Untuk memulai, kita bisa mengajukan talkshow ke stasiun-stasiun radio dan televise lokal. Peluang untuk diterima umumnya lebih besar.
  4. Koneksi orang dalam adalah penting. Jadi, usahakan kita mengenal baik salah seorang staf kunci yang bekerja di stasiun radio/televisi setempat.
Menyelenggarakan Event Marketing
Jika bisnis kita besar, jangan ragu untuk menyelenggarakan event-event marketing, baik tunggal maupun gabungan. Event marketing bisa menciptakan antusiasme yang besar atas produk dan jasa kita, termasuk website. Pada event marketing, perwakilan perusahaan memiliki kesempatan untuk berbicara kepada media, mengunjungi para pelanggan, dan menggelar konferensi atau press release. Event marketing yang cukup dikenal adalah pameran. Jadi, pastikan kita menyelenggarakan event ini secara berkala
dan di berbagai kota berbeda.
Tampil di Acara Seminar
Dampak dari menyelenggarakan atau tampil pada acara seminar hampir serupa dengan menyelenggarakan event marketing. Di sini, kita bisa mendapatkan pengakuan dan kepercayaan dari audiens. Terbuka juga kesempatan untuk berbicara kepada media, tanya-jawab langsung dengan klien atau pelanggan, dan menggelar konferensi atau press release.
Public Relation
Website dapat juga dipromosikan melalui acara-acara news release. Biasanya bersamaan dengan peluncuran produk, jasa, keunggulan baru, atau mengumumkan infomzasi penting dan formal kepada masyarakat melalui media lokal atau nasional. Ketika news release ini muncul di media, ia bukan hanya menjadi promosi bisnis tetapijuga berita aktual.
Menggandeng Partner Besar
Berpromosi dengan menggandeng partner besar dapat disamakan dengan simbiosis mutualisme. Artinya, kedua belah pihak bisa mendapatkan keuntungan.
Website yang bekerjasama dengan perusahaan yang telah mapan, atau memiliki brandname, diakui dapat ikut terangkat dan lebih cepat populer dibandingkan website-website yang berdiri sendiri. Sebagai contoh, website e-commerce dapat menjalin kerjasama dengan majalah bisnis atau perusahaan media yang telah terkenal. Dengan demikian, website ecommerce akan mudah mendapatkan peluang diekspos dan promosi di media "inang" bersangkutan.
Informasi Mulut ke Mulut
Kabar dari mulut ke mulut memiliki daya tarik yang menakjubkan. Sesuatu yang masuk akal, tetapi banyak orang yang melewatkannya. Berpromosi mulut ke mulut dikenal juga sebagai word-of-mouth marketing. Ini adalah metoda tradisional, tetapi merupakan taktik terbaik untuk meraih trafik jangka panjang.
Kekuatan dari promosi mulut ke mulut sangat ditentukan oleh pendekatan kita. Memiliki banyak teman dan relasi adalah awal yang berharga, terlebih jika secara khusus kita memilih beberapa teman terpercaya yang mampu menyampaikan berita ke kawan-kawan lain. Ini adalah aset yang besar!
 
Target promosi website mulut ke mulut biasanya para remaja, anak-anak sekolah, mahasiswa kampus, dan terkadang juga asosiasi ibu-ibu rumah tangga. Menyebarkan berita di kelas atau kampus dapat dengan cepat menarik ribuan hit per hari.
Kita mungkin telah mengenal situs-situs populer seperti multiply.com, blogspot.com,flickr.com, atau youtube.com. Boleh ditebak bahwa sebagian besar pembaca mengenal situs-situs ini dari kabar orang lain! Betul begitu, bukan...?
Beberapa faktor kunci yang mendukung suksesnya promosi website mulut ke mulut
adalah:
  1. Menjaga komunikasi dan selalu menghormati pengunjung.
  2. Membangun layanan yang unik dan spesial bagi pengunjung.
  3. Meng-update website secara berkala.
SMS UCAPAN SELAMAT : TAHUN BARU, HARI RAYA, ULANG TAHUN, DLL
Dengan mengirimkan SMS ucapan secara personal kepada existing client maupun sahabat dan rekan bisnis (jangan lupa menuliskan nama lengkap dan url bisnis) sehingga penerima SMS akan ingat dengan kita dan otomatis dengan bisnis kita.Jika kita rajin mengirimkan setiap tahun, garansi selama itu pula persahabatan dan komunikasi akan terus terjaga.
 
Share this article :

+ comments + 2 comments

3 March 2022 at 20:30

Casino - Mapyro
Casino Casino, 영주 출장안마 Hotel & Spa 전라북도 출장샵 in Casino Las Vegas, Nevada. 89522 경상북도 출장마사지 US. Casino Map. Casino Name, Casino Name, 여수 출장안마 Casino 전주 출장안마 Owner, Location, Year Built

20 November 2023 at 03:40

ez337 louis vuitton outlet wr620

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pengusaha Muslim Kalimantan Barat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger