http://dvdmurottal4mode.blogspot.com/

Home » » Mengafirmasi "Penjualan" Lewat Kata - Kata

Mengafirmasi "Penjualan" Lewat Kata - Kata

Written By Cetakan Puding Silikon on Wednesday 25 March 2015 | 20:37

Jangan pernah anggap remeh kata-kata, kekuatan yang keluar sangat dahsyat bisa positif maupun negatif bergantung pada subyek yang memakainya. Tak mengherankan bila iklan atau promosi sebuah produk bergantung banyak pada kata. Karena kekuatannya yang tidak kasat mata itu maka sebaiknya digunakan dengan sebijak-bijaknya agar tak menyinggung orang yang mendengarnya. Kata-kata juga dapat digunakan untuk menjual produk pada publik dengan kemasan tertentu yang menarik. Misalnya ‘Beli paket A berhadiah wisata ke Hongkong plus uang saku US$1.000’.
Kata-kata digunakan pula untuk ’menjerat’ konsumen untuk jatuh cinta pada kita dalam artian menyeluruh. Konsumen itu jatuh cinta karena kemampuan dan manfaat produk yang ditawarkan dan pelayanan yang diberikan. Dengan memberikan tekanan lembut dan rendah pada kata-kata seorang konsumen merasa dihargai sebagai manusia bukan mesin uang.
Tak dilarang bagi seseorang penjual untuk memikat calon konsumen pembeli produknya dengan menggunakan kata-kata semanis madu. Yang patut diingat dalam memuji jangan gunakan jurus lip service. Jangan anggap konsumen tidak dapat merasakan ketulusan dari kata-kata yang kita gunakan. Kesan yang ditangkap oleh para konsumen, kita tengah menjilat mereka. Jadi gunakanlah hati kita dalam menyampaikan pujian, sehingga kata-kata yang keluar adalah kata-kata yang tulus. Jangan berpikir dahulu konsumen ini datang akan membeli produk yang kita tawarkan. Kesampingkan pikiran seperti itu, ‘jerat’ terlebih dahulu hatinya, dengan demikian dia akan tertarik untuk membeli produk yang kita tawarkan.
Bila kita menawarkan produk pada konsumen, yang juga hrus diingat bahwa produk itu harus memiliki manfaat dan kegunaan bagi konsumen. Tanpa disadari para penjual umumnya hanya menjelaskan kemampuan si produk, tanpa memandang dari sisi konsumennya. Konsumen itu cerdas, mereka akan menghitung manfaat produk yang dibelinya apakah sesuai dengan pengeluarannya.
Berikut langkah-langkah menggunakan kekuatan kata-kata;
  1. Setiap kata punya nilai rasa. Gunakanlah dengan baik agar tidak menyinggung perasaan yang lain.
  2. Pilihan kata menentukan keberhasilan seorang penjual. Kata yang manis bisa menarik rejeki, yang pahit menjauhkannya.
  3. Biasakan memulai percakapan dengan pujian yang mengena, cukup satu saja yang paling berkesan pada diri konsumen.
  4. Saat memuji, rendahkan suara dan fokuskan mata pada konsumen yang dipuji agar ia merasa dihargai.
  5. Setelah memuji, pembicaraan bisa berkisar pada hobi konsumen (terutama untuk konsumen perempuan).
  6. Pembicaraan tentang kesukaan konsumen bisa membuatnya nyaman dengan Anda dapat berujung pada keakraban.
  7. Konsumen yang sudah akrab bisa ditawarin produk/jasa baru dengan kata-kata yang manis dengan mengatakan, ‘produk/jasa ini cocok sekali untuk ibu/bapak’.
  8. Biasanya jika pujian sudah masuk, topik kesukaan sudah dibahas, konsumen akan tertarik dengan penawaran Anda.
  9. Saat menawarkan produk, kata-kata yang harus digunakan menjelaskan kepentingan konsumen bukan Anda. ‘Produk/jasa ini sangat cocok dengan ibu/bapak karena akan membuat Anda…’, bisa menjadi kalimat pembuka.
  10. Jangan pernah berdebat dengan konsumen, tetapi katakan saja, ‘Oh, begitu ya…. Kalau yang ini beda, pak/bu’.
  11. Jangan lupa kembangkan senyum saat menjelaskan produk agar konsumen merasa jauh lebih nyaman.
  12. Jelaskan keunggulan produk/jasa yang ditawarkan dengan serius dan kata-kata yang positif, tanpa menyerang produk orang lain.
  13. Kata-kata positif tentang produk/jasa sendiri akan jauh lebih dihargai daripada kata-kata negatif menyerang produk/jasa kompetitor.
  14. Kuasa lidah sungguh menentukan, gunakanlah dengan hati maka Anda akan mendapatkan hati konsumen.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pengusaha Muslim Kalimantan Barat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger