Dalam dunia bisnis sekarang terutama di Indonesia banyak sekali
terjadi kerancuan antara marketing dan selling. Yang mana salah satu
penyebab hal tersebut karena banyaknya persepsi negatif atas tenaga
penjual yang ada di Indonesia. Hal ini menyebabkan perusahaan –
perusahaan pada waktu mencari tenaga penjual mengalami kesulitan
sehingga mereka menggunakan istilah lainnya seperti account manager,
executive manager atau nama lainnya yang menyebabkan kerancuan semakin
besar.
Sepintas mungkin tidak ada perbedaan yang berarti antara tenaga
pemasaran dan tenaga penjualan atau bahasa jawa-nya Marketing dan
Sales. Karena itu saya mencoba membagikan pengalaman saya mengenai hal
ini dan semoga anda semua semakin jelas mengenai perbedaan antara
Pemasaran dan Penjualan.
Berdasarkan berbagai sumber plus pengertian saya maka pemasaran
adalah aktifitas memasarkan sebuah produk ataupun jasa sehingga produk /
jasa tersebut dikenal oleh pasar. Yang mana aktifitas tersebut
melingkupi 7P yang mana pernah saya bahas sebelumnya. Jika lupa silakan klik disini.
Sedangkan penjualan merupakan aktifitas penjualan yang dilakukan
dimana aktifitas tersebut menglingkupi teknik, taktik, seni hubungan dan
seni komunikasi antara tenaga penjual dengan calon pelanggan.
Pada umumnya perbedaan yang cukup menyolok menurut pendapat saya
adalah cara mengukur seorang sales dengan marketer. Dimana tolok ukur
seorang penjual adalah TARGET PENJUALAN yang harus dicapai oleh tenaga penjual. Sedangkan marketer diukur berdasarkan BRAND AWARENESS
dan beberapa target lainnya yang umumnya berhubungan dengan persepsi
pelanggan mengenai produk atau jasa yang dipasarkan. Jika ingin
mengetahui lebih jauh mengenai awareness dapat klik disini.
Jadi kesimpulan supaya anda semua tidak bingung saya padatkan menjadi
satu kalimat (sekali lagi kesimpulan ini merupakan opini saya). ‘Marketing merupakan aktifitas untuk men-create demand dan Selling merupakan aktifitas untuk meng-fulfill the demand yang telah diciptakan’.
Karena itu perlu digabungkan antara apa yang dilakukan oleh Marketing
dan Sales sehingga menjadi aset perusahaan yang berharga. Sehingga
keduanya merupakan UJUNG TOMBAK BISNIS bagi semua perusahaan.
Pada dasarnya Marketing dan Selling merupakan 2 hal yang berbeda tapi
pada penerapan dilapangan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang
lainnya karena selling merupakan part of marketing.
Sumber :
Post a Comment